Sometimes I wonder kalau ngeliat bulletin board di Friendster atau email yg mendeskripsikan bahwa yang namanya lelaki itu seperti ini, yang wanita seperti ini. Bedanya pria dan cowo, atau bedanya wanita dan cewe, bedanya suka dan cinta. You name it lah. Di sana didekripsikan, bahwa (for example) kalau pria itu akan berbuat A pada situasi A, dan berbuat B pada situasi B, sedangkan cowo akan berbuat Z pada situasi A dan Y pada situasi B. In the end there's a question, which one are you?

Maksud sebenarnya memang baik ya, mencoba menggugah pembacanya menjadi berpikir 'apa iya gua kaya gitu' and trying to be a better person lah. Tapi kalau dipikir lagi, apa iya standar-standar yang diterapkan disitu sudah tepat? Siapa yang menerapkan standar tersebut? Apa iya standar tersebut bisa berlaku sama rata pada semua orang pada situasi yg sama? Bukannya itu merupakan opini dari si pembuat, dengan maksud untuk mengajak pembacanya berefleksi dan introspeksi diri? Jika itu opini, maka kembali ke definisinya, opini atau pendapat tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar. Simply because tidak ada standar penilaian bakunya. Berarti tidak semua yg dianjurkan secara halus oleh isi buletin atau email itu harus diikuti.

Contoh, di bulletin seorang teman yang berisi perbedaan antara wanita dan cewe (dewasa & kenak-kanakan) ada bagian ini:
Wanita: Belajar bikin kue jenis baru 2 kali seminggu
Cewe: Ke Salon 2 kali seminggu


Lalu kalau saya memang tidak suka masak atau bikin kue atau tidak belajar bikin kue 2x seminggu lantas saya dicap bukan wanita? Why the judge? Tidak harus identik dengan dapur untuk menjadi seorang wanita. Lagipula jabatan koki2 di restoran bintang lima hampir semua dipegang lelaki. Hanya karena pembuat buletin itu menyukai perempuan yang suka memasak, bukan berarti hal itu lantas dijadikan standard cara untuk semua perempuan bersikap dong.

Menurut saya, introspeksi sambil membaca bulletin itu baik dilakukan. Tapi orang yang betul2 serius mempercayai bahkan menjadikannya standard penilaian untuk dirinya sendiri dan orang lain, adalah orang bodoh. Apalagi yang secara khusus memajangnya di bulletin atau mengirimnya dalam bentuk email untuk secara halus menyindir seseorang untuk berubah mengikuti standard tersebut. No offense, itu hanya pendapat pribadi saya. Seperti yg sudah saya sampaikan di awal, pendapat atau opini itu tidak ada yg benar dan tidak ada yang salah. Sama seperti isi-isi bulletin board atau email tersebut, mereka merupakan buah pendapat dan opini si pembuat.
From:
Anonymous( )Anonymous This account has disabled anonymous posting.
OpenID( )OpenID You can comment on this post while signed in with an account from many other sites, once you have confirmed your email address. Sign in using OpenID.
User
Account name:
Password:
If you don't have an account you can create one now.
Subject:
HTML doesn't work in the subject.

Message:

 
Notice: This account is set to log the IP addresses of everyone who comments.
Links will be displayed as unclickable URLs to help prevent spam.
.

Profile

lunathique: (Default)
lunathique

Most Popular Tags

Powered by Dreamwidth Studios

Style Credit

Expand Cut Tags

No cut tags